Minggu, 22 Februari 2015

Allah, Roh Allah, Tuhan Allah

Hmm pokok bahasan kali ini cukup berat sepertinya tapi seperti saya bilang saat awal bodo amat orang mau bilang apa. saya tulis apa yang saya mau tulis
Pada kitab kejadian 1 dan 2 kita menemui kata-kata ini
  1. God,
  2. Spirit of God
  3. Lord God
dari ketiga kata-kata tersebut kita sekarang mengenal Tri Tunggal, apakah Allah yang menciptakan Langit dan Bumi ini ada 3? Jawaban saya atas pertanyaan ini adalah Ia. Kenapa jawaban saya Ia karena ketiga Allah tersebut adalah Allah yang memiliki Fungsi berbeda dan Kuasa yang berbeda-beda juga tetapi yang unik Mereka adalah Satu. bingung? sama saya juga pada awalnya. Ok Mari berteori tentang Allah , Kalau ada yang bilang Dosa loh Allah di jadikan teori, maka jawaban saya adalah Tuhan Allah memberikan akal budi kepada kita kok malah tidak digunakan seenggaknya saya tidak sedang menghujat malah saya ingin mengetahui Allah saya itu bagaimana sih. Ada cerita Alkitab tentang orang yang diberikan talenta, ada yang tidak mengembangkan dan ada yang mengembangkan talenta tersebut. Dan yang saya lakukan sekarang ini adalah mengungkap kebenaran tentang Allah so Jugde me if you want. Tapi saya percaya hukuman hanya datang dari Tuhan meskipun saya dihukum sama Tuhan saya rela kok asal saya bisa mengenal Allah saya sendiri setidaknya dengan akal budi yang diberikan Oleh-Nya ( haha kepanjangan curcol nya ). Back to Teori saya Ketiga Allah ini adalah satu kesatuan mari beranggap seperti Film Kartun. Anggap Allah itu bisa membelah diri menjadi 3 pribadi ( Pencipta,Penghibur, Penghakim) yang jadi pertanyaan kenapa Allah membelah dirinya menjadi 3 pribadi? kalau menurut saya sih Allah itu perfeksionis mau semuanya dikerjakan dengan profesional. saya ambil contoh kehidupan sehari-hari yahhhh misal saya jadi seorang ayah lalu anak saya mencuri apa saya tega membiarkan anak saya dihukum? saya serahkan kekantor polisi? jawaban saya bisa tega bisa gak tergantung suasana hati saya ( labil nih saya ) tapi begitulah kenyataannya kalau kasih sayang dicampur dengan ketaatan pasti ada dilema dan memungkinkan untuk untuk berbuat kecurangan dengan alasan apapun. Allah itu Maha Pencipta, Maha Kasih, Maha Adil...hmm bisa rasain gak tuh jadi Allah? emang bisa jadi Maha Pengasih sambil jadi Maha Adil? saya ambil perumpamaan lagi misal ada 2 orang yang dihadapkan pada pengadilan salah satu dari mereka bersalah ketika orang yang bersalah minta ampun, minta pertobatan dan minta dibebaskan karena ada anak dan keluarga apa Hakim yang adil+Pengasih ini mau membebaskan begitu saja? Pusing kan? hehehe Oleh karena ini Allah yang Esa ini membagi dirinya menjadi 3 Pribadi. setidaknya ini menurut pandangan dan pikiran saya ( kalau saya bilang pandangan dan pikiran yang Tuhan kasih terlalu naif nanti kalau salah Tuhan saya yang disalahkan, lebih baik saya bilang hasil pandangan dan pikiran saya biarin deh saya yang tanggung malu nya kalau salah hehehe ).
Dari penjelasan Teori saya diatas sudah dapat dimengerti mungkin mengapa Tuhan membagi Diri-Nya. dan berikut adalah fungsi dari ketiga pribadi Allah.

  1. Allah, Fungsi dari Pribadi Allah ini adalah sebagai Pencipta, Pada kejadian 1 semua Penciptaan dilakukan oleh Allah
  2. Roh Allah, Fungsi dari Pribadi Allah ini adalah sebagai Penghibur dan Sumber Ilmu Pengetahuan, Pada kejadian satu Roh Allah ini hanya diceritakan sedang melayang-melayang dipermukaan Air ( mungkin sedang bermain-main karena ciri dari Roh Allah ini adalah bersuka cita ), pada kitab kisah para rasul Roh Allah dicurahkan untuk memberikan penghiburan dan kekuatan, dan orang-orang dihinggapi Roh Allah ini dapat berkata-kata dalam bahasa baru/Bahasa dari daerah lain. Ini menunjukan Roh Allah ini penuh dengan pengetahuan. setidaknya ini menurut saya
  3. Tuhan Allah, Fungsi dari Pribadi Allah ini adalah sebagai Hakim, Pengawas(pokoknya yang berhubungan dengan ketaatan) dan Hanya Pribadi Allah ini mengetahui tentang baik dan jahat. "sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu yang baik dan yang jahat"

Dari poin Allah yang ketiga kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ada hal yang tidak bisa dilakukan Pribadi Allah lain, hmm sebenarnya kalau teman-teman baca tulisan saya diatas Alasan Allah membagi Diri-Nya menjadi 3 itu untuk membatasi Allah terhadap ke Maha Nya agar bisa melakukan fungsinya dengan lebih profesional hehehe.Jadi dapat disimpulkan bahwa Allah memiliki batasan atas Diri-Nya untuk dapat lebih profesional. Oleh karena itu Dia disebut Maha Esa ( karena memang satu kesatuan ), Maha Tahu ( Mengetahui segala sesuatu (ilmu pengetahuan)), Maha Adil ( Bisa membedakan Salah dan Benar ), Maha Waktu ( Bisa mengetahui kejadian yang akan datang ) dan lain-lain. mungkin bahasan tentang Maha Tahu dan Maha Waktu di Tulisan yang lain karena mungkin banyak pertanyaan akan Fungsi Allah yang itu.

Menurut saya kalau ada orang-orang yang heran tentang Allah kita, dan mengatakan kok Allah kita ada banyak bukannya Tuhan hanya satu. Biarkan saja karena kenyataannya pada Alkitab menuliskan kata KITA berulang kali, mengapa menyangkal hal yang sudah dituliskan dengan nyata di Alkitab. Tapi keharusan dari kita adalah mengenal Allah kita, mengapa Allah membagi Diri-Nya menjadi 3 pada kitab kejadian.  Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap Hati dan Jiwamu bukan dengan segenap perkataan orang dan segenap ego mu yang mau bela diri kalau Tuhan Allahmu itu Esa, tanpa kita bela Tuhan itu tetap Esa. SO KEEP FAITH WITH GOD

Semoga Tuhan Yesus Memberkati kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar